Minggu, 07 Juni 2015

PENGOBATAN DENGAN METODE SANGKAL PUTUNG

BAB 1
PENDAHULUAN

   1.1.Latar Belakang
Gangguan kesehatan merupakan konsekuensi perilaku yang berwujudtindakan yang disadari atau tidak disadari merugikan kesehatan ataumenurunkan derajat kesehatan si pelaku sendiri, orang lain, atau suatukelompok. Gangguan kesehatan yang dimaksud tidak hanya terbatas padakategori penyakit fisik dan mental secara mental dan kelompok tetapi jugakategori kesejahteraan sosial. Pada masyarakat, gangguan kesehatan dapatdiatasi dengan melakukan pengobatan. Baik itu secara modern maupuntradisional.Pengobatan tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengancara, obat, dan pengobatannya yang mengacu pada pengalamandanketrampilan turun temurun dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlakudalam masyarakat. Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yangberupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (gelenik)atau campuran dari bahan tersebut secara turun-temurun telah digunakanuntuk pengobatan berdasarkan pengalaman.Meskipun berdasarkan pengalaman yang diwariskan dan norma yangberlaku di masyarakat, pengobatan tradisional harus tetap bisa dipertanggung jawabkan. Hal ini sesuai dengan UU Kesehatan No. 23 Tahun 1992 pasal 47yang menyatakan pengobatan tradisional yang mencakup, cara, obat, danpengobatan atau perawatan cara lainnya dapat dipertanggung jawabkanmaknanya.Undang-undang No. 9 tahun 1960 tentang pokok-pokok kesehatan pasal2 ayat 4 yang berbunyi: Usaha-usaha pengobatan tradisional berdasarkanilmu atau cara lain daripada ilmu kedokteran diawasi oleh pemerintah agartidak membahayakan masyarakat. Dengan demikian, pengobatan tradisional jenis apapun diharuskan tidak memberikan dampak negatif bagi masyarakat.Disamping itu, SKN menyatakan bahwa pengobatan yang berhasil guna danberdaya guna terus dilakukan pembinaan dan bimbingan serta dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat.Di indonesia terdapat banyak pengobatan tradisional seperti akupunktur,pijat refleksi,berbagai macam terapi, yoga, pengobatan china, pengobatanindia, sangkal putung, dan lain-lain. Salah satu pengobatan tradisional yangcukup terkenal di Indonesia adalah sangkal putung yang fokus pengobatannyapada permasalahan tulang, seperti patah tulang.Dengan beragamnya bentuk pengobatan tradisional di masyarakat,seorang calon tenaga kesehatan harus dapat mengetahui dan mencermatikeberadaan hal tersebut. Tenaga kesehatan juga perlu mengkritisi keberadaansetiap engobatan tersebut agar dapat melakukan pengawasan yang bergunasebagai tindakan preventif terhadap hal yang tidak diinginkan, yang dalamhal ini berasal dari metode pengobatan Sangkal Putung.




1.2.Tujuan
1.Untuk mengetahui peran pengobatan Sangkal Putung di Indonesia
2.Untuk mengetahui pelaku pengobatan Sangkal Putung.
3.Untuk mengetahui metode pengobatan Sangkal Putung.
4.Untuk mengetahui dampak positif dan negatif metode pengobatan SangkalPutung.
5.Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi masyarakat menggunakanpengobatan Sangkal Putung.

1.3.Rumusan Masalah
1.Bagaimanakah peran pengobatan Sangkal Putung di Indonesia?
2.Siapakah pelaksana dari pengobatan Sangkal Putung?
3.Bagaimanakah metode pengobatan Sangkal Putung?
4.Apakah dampak positif dan negatif pengobatan Sangkal Putung?
5.Apakah faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk menggunakanmetode pengobatan Sangkal Putung?













BAB 2
ISI
     2.1.Definisi Sangkal Putung
Kesehatan merupakan bagian penting dari kehidupan, sehinggapengobatan terhadap suatu penyakit sangat dibutuhkan. Berbagai macampengobatan semakin berkembang, baik pengobatan modern maupunpengobatan tradisional. Menurut UU RI No. 36 tahun 2009 tentangkesehatan, pelayanan kesehatan tradisional merupakan pengobatan dan/atauperawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman danketerampilan turun temurun secara empiris yang dapatdipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat.Salah satu pengobatan tradisional yang masih diminati masyarakat yaitusangkal putung. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sangkal putung,berikut ini akan dibahas definisi dari sangkal putung. Dukun patah tulang atauyang biasa disebut sangkal putung berarti pijat urat bagi orang yang patahtulang. Definisi lainnya sangkal putung merupakan suatu bentuk pengobatantradisional yang masih cukup banyak dipakai oleh penderita patah tulangsebagai alternatif terhadap cara pengobatan yang diberikan oleh ilmukedokteran.Ada juga yang mendefinisikan sangkal putung sebagai pengobatan patahtulang dengan cara mengusahakan reposisi dengan mengurut dan fiksasidengan karton dan kayu. Sangkal putung merupakan pengobatan patah tulangyang menggunakan kekuatan supernatural, doa, dan minyak yang dimilikioleh dukun patah tulang. Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkanbahwa sangkal putung merupakan suatu pengobatan tradisional patah tulangoleh dukun patah tulang yang dianggap memiliki kekuatan supernaturaldengan cara mengurut, memberi doa dan minyak
     2.2.Pelaku dalam Pengobatan Sangkal Putung
Beberapa orang beranggapan bahwa menjadi ahli sangkal putungmerupakan seseorang yang pintar memijat. Ada pula yang mengidentikan ahlisangkal putung sebagai orang berkemampuan khusus dan memperolehkeistimewaan itu dengan cara gaib. Selain itu, masyarakat juga percayabahwa seseorang bisa menjadi ahli sangkal putung apabila memiliki garisketurunan seorang sangkal putung.Untuk menjadi seorang juru sembuh sangkal putung, maka seseorangperlu menguasai ilmu khusus yang diperoleh dari banyak sumber. Ilmutersebut dapat diperoleh melalui ilmu warisan turun temurun dari nenek ataukakek, ayah atau ibu , dan juga dapat berasal dari orang lain yang terlebihdahulu menguasai ilmu tersebut. Ada juga yang berasal dari para leluhur yangtelah tiada.Para leluhur tersebut umumnya menyampaikan pesan melalui banyak media. Salah satu media yang sering digunakan adalah mimpi. Namun untuk menjadi penyembuh sangkal putung yang profesional, orang tersebut jugaharus melengkapi pengetahuan dengan banyak bertanya kepada mereka yanglebiha ahli maupun dengan mencari informasi dan referensi dari banyak sumber lain.
    2.3.Metode Pengobatan Sangkal Putung
Metode yang digunakan tidak jauh berbeda seperti praktik pijat padaumumnya yang menggunakan keterampilan tangan dan obat gosok. Awalnya,penderita cidera tulang akan diperiksa lebih dahulu dengan pengamatan kasatmata dan meraba daerah yang cidera. Pengamatan tersebut berfungsi untuk mendiagnosa keparahan dan sebagai pertimbangan untuk memutuskan caradalam memijat. Pasalnya tiap jenis cidera akan berbeda perlakuan dalammemijatnya.Di dalam dunia pengobatan sangkal putung, mereka berprinsip bahwa jika tulang yang patah sudah disambungkan maka dengan sendirinya lambatlaun tulang tersebut akan tersambung kembali. Metode pengobatan sangkalputung adalah pengobatan tulang tanpa melalui jalan operasi. Hal inilah yang membedakan pengobatan sangkal putung dengan pengobatan kedokteran.Pengobatan sangkal putung kebanyakan tidak ada pembiusan, jadi pasientetap merasakan sakit sepanjang proses pengobatan. Selain itu, di sangkalputung tidak menggunakan pen dan gif, melainkan hanya dibidai dengankertas kardus ataupun papan kayu sesuai ukuran dan diikatkan pada bagianyang sakit kemudian dibalut dengan perban. Pada kasus tertentu seperti patahtulang di tangan hanya dibebat dengan kain sewek yang digantungkan padaleher. Hal tersebut dilakukan jika bagian yang sakit adalah tangan atau kaki.Namun bila bagian badan yang sakit, maka akan dipasangkan “bengkung”.Pasien yang berobat ke sangkal putung akan mendapat perawatan rutinyaitu pemijitan yang dilakukan tiap hari untuk membetulkan sambungantulang dan memperlancar aliran darah. Proses pemijatan akan dilakukanberkala bila tingkat keparahan cidera tinggi. Bahkan pada beberapa ahlisangkal putung membuka pondok tempat menginap penderita dengan tarif yang bervariasi.Ahli sangkal putung yang demikian hanya yang profesional dantergolong ramai pengunjung. Persyaratan penderita yang diterapi adalahistirahat total dan tidak boleh menggerakkan bagian tubuh yang cidera selamabeberapa hari. Bagi penderita yang datang dari jauh atau yang tingkatkeparahannya tinggi biasanya memanfaatkan fasilitas pondok tersebut. Selainmenjaga agar bagian tubuhnya tidak bergerak bila dipaksakan untuk melakukan perjalanan jauh, rupanya mereka juga bermaksud agar ahlisangkal putung memonitor penderita selama di pondok hingga penderitasembuh.Disediakan pula obat kimia namun pasien berhak untuk menerimamaupun menolak obat tersebut. Dan seperti yang diketahui oleh masyarakatluas, pengobatan sangkal putung jauh lebih murah daripada pengobatanmodern. Namun pengobatan ini juga dapat menyebabkan beberapa senditangan atau kaki yang menjadi kaku karena tidak pernah digerakkan untuk waktu yang lama yaitu sekitar satu bulan. Barulah setelah tulang tersambung,sendi yang kaku tersebut dilemaskan atau diurut.

2.4.Sisi Positif dan Negatif Sangkal Putung
2.4.1.Sisi Positif Sangkal Putung
a.Biaya yang relatif lebih murah, karena beberapa sangkal putungmenerapkan sistem pembayaran „seikhlasnya‟
 b.Kemudahan dalam segi administrasi, sehingga lebih mudah„dijangkau‟ oleh masyarakat
 c.Lokasi yang mudah dijangkau karena sebagaian besar lokasi sangkalputung dekat dengan pemukiman warga
2.4.2.Sisi Negatif Sangkal Putung
a.Walaupun tulang dapat menyatu sendiri, namun jika posisinya tidak diatur, maka penyatuan tulang dapat menimbulkan beberapa masalahseperti gangguan pada saraf berupa kesemutan sampai gangguanfungsi gerak dan bentuk yang tidak simetris.
b.Memanipulasi tulang yang patah tanpa mengetahui gambaranpatahnya dapat merusak jaringan sekitarnya.
c.Pada patah tulang yang terbuka, resiko infeksi tulang besar.

2.5.Studi Kasus
Berikut ini adalah opini-opini yang terjaring oleh kelompok kami denganmetode wawancara dan pencarian di internet sebagai studi kasus mengenaipengobatan Sangkal Putung:
1.Kasus ini terjadi pada tahun 2001 ketika Ishma mengalami pecahnyapembuluh darah di kaki yang menyebabkan dia lumpuh. Orangtua ishmalangsung membawanya berobat ke sangkal putung Pak Slamet di daerahKediri. Setelah seminggu ke sangkal putung ishma sudah dapat berjalanlagi dan sembuh sampai sekarang.
2.Pada tahun 2008, setelah kecelakaan Rizky (23 tahun) tangannya cederaringan dan terasa linu, oleh karena itu dia langsung mencari praktik sangkal putung di desa Gilang Kabupaten Kediri. Setelah dua tahunberselang sakit pada bagian yang terluka tersebut masih sering kambuh. Dan pada tanggal 30 mei dia merasakan linu lagi pada tangan bagian yang sama.
3.Warsi (43 tahun) menyatakan bahwa pernah ke praktik sangkal putunguntuk sakit tulangnya, setelah itu dirasakan sakit tulangnya sering kambuhdan tambah parah.Dan ini merupakan opini pencerahan dari seorang dokter:
“Masih sering saya temui pasien yang datang dengan patah tulang namun
kemudian menolak untuk dirawat oleh dokter dan lebih memilih untuk pergike sangkal putung. Banyak juga yang bahkan tidak berpikir untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ketika terjatuh atau mengalami trauma danlangsung pergi saja ke sangkal putung. Kalau melihat judul artikel ini,sebenarnya jawaban saya mudah saja, kalau patah tulang ya harusnyamemilih dokter. Bukan karena saya ini juga seorang dokter, tetapi sangkalputung sebagai pengobatan alternatif tidak pernah berhasil mengobati orangdengan patah tulang. Penderita dengan trauma yang pergi ke sangkal putungdan sembuh seringkali merupakan penderita yang sebenarnya tidak mengalami patah tulang. Selain itu, sebenarnya tulang kita dapatmenyambung sendiri tanpa bantuan apapun. Lalu kenapa kita perlu ke dokter?Pertama adalah untuk memastikan apakah benar terjadi patah pada tulang.Kedua, walaupun tulang dapat menyatu sendiri, namun jika posisinya tidak diatur, maka penyatuan tulang dapat menimbulkan beberapa masalah sepertigangguan pada saraf berupa kesemutan sampai gangguan fungsi gerak danbentuk yang tidak simetris. Ketiga, memanipulasi tulang yang patah tanpamengetahui gambaran patahnya dapat merusak jaringan sekitarnya. Keempat,pada patah tulang yang terbuka, resiko infeksi tulang besar sehinggamerupakan suatu keadaan yang mutlak ditangani oleh dokter. Saya sampaisekarang belum bisa memahami ketika menemui pasien yang lebih memilihpergi ke sangkal putung, padahal mereka juga membayar ke praktisi sangkalputung. Selain itu perlu disadari bahwa praktisi sangkal putung tidak dapatdituntut jika terjadi sesuatu terhadap diri anda. Patah tulang terutama yangtertutup merupakan kondisi yang sangat mudah diobati walau membutuhkan waktu yang agak lama. Jika sudah terjadi penyatuan tulang yang buruk akibatpengobatan alternatif, akan lebih susah ditangani. Jadi, tidak ada alasan yanglogis bagi siapapun untuk pergi ke sangkal putung jika mengalami patah tulang.”
2.6.Analisis Studi Kasus
a.Faktor yang menyebabkan Ishma berobat ke sangkal putung
1)Budaya
masyarakat setempat beranggapan orang yang patah tulang,lumpuh itu berobatnya ke sangkal putung agar cepat sembuh
2)Biaya
biaya untuk berobat ke sangkal putung relatif murah sehinggadapa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Biaya untuk kesangkal putung ini sesuai dengan kemampuan pasien.
3)Pendidikan dan pengetahuan
kurangnya pendidikan pada masyarakatsetempat sehingga mereka kurang peduli dengan adanya dokter.Masyarakat mempunyai persepsi bahwa harus segera ke ahli sangkalputung apabila terjadi penyakit trauma pada tulang, dan tidak mengertiharus ke dokter atau pengobatan mana yang dituju untuk mengobatitrauma tersebut.
4)Jarak dan Akses Mudah
masyarakat, terutama pedesaan yangmemilih sangkal putung banyak mengungkapkan bahwa praktik sangkalputung dirasakan lebih dekat daripada harus ke dokter.
b.Rekomendasi
1)Pemberian edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat setempat daninformasi tentang adanya Jamkesmas, Jamkesda, dan berbagai fasilitaslainnya.
2)Pemberian biaya keringanan berobat seperti Jamkesmas, Jamkesda.
3)Edukasi pada masyarakat tentang pengobatan tulang modern.
4)Pemerataan Rumah Sakit dan Puskesmas di daerah-daerah agar lebihmudah untuk dijangkau masyarakat.

BAB 3
PENUTUP
     3.1.Kesimpulan
Sangkal Putung merupakan suatu bentuk pengobatan tradisional yangmasih cukup banyak dipakai oleh penderita patah tulang sebagai alternatif terhadap cara pengobatan yang diberikan oleh ilmu kedokteran. Beberapaorang beranggapan bahwa menjadi ahli sangkal putung merupakan seseorangyang pintar memijat, seorang berkemampuan khusus dan memperolehkeistimewaan itu dengan cara gaib atau seseorang yang memang memilikigaris keturunan seorang sangkal putung.Metode yang digunakan tidak jauh berbeda seperti praktik pijat padaumumnya yang menggunakan keterampilan tangan dan obat gosok. Di dalamdunia pengobatan sangkal putung, mereka berprinsip bahwa jika tulang yangpatah sudah disambungkan maka dengan sendirinya lambat laun tulangtersebut akan tersambung kembali. Pengobatan sangkal putung jugakebanyakan tidak melalui pembiusan, jadi pasien tetap merasakan sakitsepanjang proses pengobatan.Sangkal Putung memiliki sisi positif namun juga sisi negatif. Biaya yangrelatif murah dan keberadaannya yang cukup mudah ditemui menjadi halpositif pengobatan ini. Namun kecenderungan terjadinya gangguan lanjutanatau juga infeksi merupakan sisi negatif metode pengobatan tersebut. Akantetapi, memang tidak dapat dielakkan bahwa Sangkal Putung memilikiperhatian tersendiri di mata masyarakat. Tidak lain hal tersebut disebabkanoleh budaya, minimnya pengetahuan, keadaan sosial ekonomi dan efisiensi jarak dan waktu.

DAFTAR PUSTAKA
UU RI no 36 th 2009 tentang Kesehatan.Alus, Wong. 2010. Amalan Juru Sembuh Sangkal Putung.http://wongalus.wordpress.com/category/sangkal-putung/ [Diakses pada 7Juni 2012]Danny. 2011.
Patah Tulang: Sangkal Putung atau Dokter?
. http://about-medics.blogspot.com/ 2011/10/patah-tulang-sangkal-putung-atau-dokter.html [diakses pada 08 Juni 2012]Habib. 2010.
Pengobatan Sangkal Putung Dipadati Korban Gempa
.http://www.suaramerdeka. com/harian/0606/03/nas03.htm [Diakses pada 08Juni 2012]Karwali, V. 2011.
“Sangkal Putung”, Tulang
Patah Pun Tersambung
.http://warisanindonesia. com/2011/12/sangkal-putung-tulang-patah-pun-tersambung/ [Diakses pada 08 Juni 2012]Leink. 2008.
Sangkal Putung (Traditional Orthophedicss)
.http://rohman24.multiply.com/ journal /item/310/Kesehatan[Diakses pada08 Juni 2012]Pos, Jawa. 2010.
Lebih Dekat dengan Kampung Sangkal Putung di Sumput,Sukodono
.http:// dprd-sidoarjokab.go.id/lebih-dekat-dengan-kampung-sangkal-putung-di-sumput-sukodono.html[Diakses pada 08 Juni 2012]
Sangkalputung. 2010. Sekapur Sirih “Tradisional tapi Oke”.

http://sangkalputunghjmurni.blogspot.com/ [Diakses pada 7 Juni 2012]http://about-medics.blogspot.com/2011/10/patah-tulang-sangkal-putung-atau-dokter.html[Diakses pada tanggal 9 Juni 2012 pada pukul 7.18]http://www.lontar.ui.ac.id/file?file=digital/122928SK%20007%2009%20Rah%20p%20-%20Pengobatan%20Tradisional-Pendahuluan.pdf http://www.berarti.com/sangkal-putunghttp://about-medics.blogspot.com/2011/10/patah-tulang-sangkal-putung-atau-dokter.html

1 komentar:

  1. Sangkal putung bisa dipelajari kok dengan mudah tanpa harus mempunyai keahlian dan keistimewaan hany buuh keseriusan dan keberanian saya sudah mmebuktikan

    BalasHapus